Thursday, January 12, 2012

MENGAPA KITA BELAJAR SENI BUDAYA?



Manusia membutuhkan seni untuk memenuhi kebutuhan rasanya. Seni Budaya merupakan suatu keahlian untuk mengekspresikan ide-ide atau gagasan estetika dalam bentuk karya yang dapat mengungkapkan perasaan manusia.

Dalam pelajaran Seni Budaya siswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan gagasan berkreasi serta mengapresiasikan seni dengan cara mengilustrasikan pengalaman pribadi,
menggali/mengeksplorasi rasa, dan melakukan pengamatan proses, dan teknik sesuai dengan nilai budaya dan keindahan yang ada di lingkungan masyarakat.


Mengapa kita harus belajar Seni Budaya?

Melalui Seni Budaya, siswa diajak mengembangkan jiwa kreatifitas, kepekaan indrawi, serta mampu berkreasi seni dalam lingkungan dan kondisi yang terarah, sebagai bekal siswa pada saat berperan langsung sebagai pelaku kehidupan bermasyarakat.


Apa manfaatnya jika kita menguasai Seni Budaya?

Sebenarnya manfaat mempelajari Seni Budaya tidak hanya menjadikan hidup lebih indah, tetapi banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. Dengan menguasai Seni Budaya yang terpenting setiap orang dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk serta mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual, ekspresi, kepekaan rasa, dan keterampilan guna menerapkan teknologi dalam berkreasi dan memamerkan hasil karya seninya.

KI - KD SENI BUDAYA SMA/SMK/MA


1. Mengapresiasi karya seni rupa

1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
2.2 Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
3. Mengapresiasi karya seni rupa
3.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
4.1Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
4.2Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara

5. Mengapresiasi karya seni musik

5.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
5.2 Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisionalsetempat.
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
6.1 Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/gubah lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat
6.2 Menampilkan lagu yang telah diaransir/gubah di kelas.
7. Mengapresiasi karya seni musik
7.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
7.2 Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
8.1 Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik non tradisional daerah setempat
8.2 Menggelar pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di
daerah setempat

9. Mengapresiasi karya seni tari

9.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari Nusantara dalam konteks budaya masyarakat daerahsetempat
9.2 Mengidentifikasi keunikan gerak, kostum, iringan tari Nusantara dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat dalam bentuk tari tunggal
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
10.1 Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi Nusantara daerah setempat dalam bentuk tari tunggal
10.2 Menampilkan seni tari kreasi Nusantara daerah setempat dalam bentuk tari tunggal
11. Mengapresiasi karya seni tari
11.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari Nusantara daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
11.2 Mengidentifikasi keunikan gerak, kostum, iringan tari Nusantara daerah setempat yang berpasangan/ kelompok dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
12. Mengekspesikan diri melalui karya seni tari
12.1 Mengidentifikasi gagasan untuk menyusun tari kreasi tari tunggal atau berpasangan/ kelompok daerah setempat
12.2 Menampilkan seni tari kelompok/berpasangan berdasarkan tari Nusantara daerah setempat
13. Mengapresiasi karya seni teater
13.1 Mendeskripsikan perkembangan teater tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat
13.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater tradisional daerah setempat

14. Mengekspresikan diri melalui seni teater

14.1Merancang pergelaran teater tradisional daerah setempat
14.2Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater
15. Mengapresiasi karya seni teater
15.1 Mendeskripsikan perkembangan teater non tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat
15.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater non tradisional daerah setempat
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
16.1Merancang pergelaran karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat
16.2 Menggelar pertunjukan teater
tradisional daerah setempat dan teater
kreatif yang dikembangkan dari seni
teater tradisional daerah setempat


Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan
landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD
pada masing-masing tingkatan/derajat kompetensi dibagi ke dalam satuan kredit
kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk
tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.

Featured Post

Komposisi Musik dan Progresi Akor

Contoh Siswa Menciptakan Lagu Komposisi Musik Menurut Kusumawati (2004: ii), komposisi merupakan proses kreatif musikal yang melibatkan bebe...