Pendampingan dilakukan dengan menggunakan beberapa form instrument yang telah disediakan dan Fokus Pendampingan mengarah pada 6 hal pokok yaitu
PI-1: Refleksi awal kompetensi guru penggerak
Diskusi tantangan belajar daring
Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
Diskusi pembuatan kerangka portofolio
Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak
PI-2: Perubahan paradigma pemimpin pembelajaran
Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah
Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3
Diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1
Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah dengan dimoderasi oleh PP
PI-3: Implementasi Pembelajaran yang Berpihak pada Murid
Refleksi hasil survei (feedback 360) + penilaian sendiri tentang kompetensi guru penggerak
Diskusi rencana menerapkan pembelajaran sosial-emosional
Diskusi hasil lokakarya 2 (keterlaksanaan dari tahapan BAGJA)
PI-4: Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran
Observasi kelas CGP untuk melihat penerapan dari modul budaya positif, pembeljaaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional
Penilaian Observasi Praktik Pembelajaran.
PI-5: Rancangan Program yang Berpihak pada Murid
Refleksi penerapan aksi nyata modul 3.1
Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid
Diskusi perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah serta implementasi dari rencana di lokakarya 3 untuk berbagi ke rekan sejawat
PI-6: Refleksi perubahan diri dan dampak pendidikan
Persiapan panen hasil belajar
Pengumpulan survei umpan balik dan refleksi hasil survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360)
Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi
Penilaian pemetaan aset; diskusi apakah tujuan program sudah dikomunikasikan ke warga sekolah
No comments:
Post a Comment