Friday, October 16, 2020

Menjadi Guru Berkualitas ditengah Pandemi bersama GURUINOVATIF.ID

     


    Assalamulaikum Wr. Wb.... Hallo sahabat edukasi dimanapun anda berada, semoga keadaan sahabat semua selalu sehat wal afiat, walau kita berada di tengah-tengah pandemi yang sangat panjang, tetapi semoga sahabat semua tidak pernah putus asa untuk terus menjaga diri, keluarga dan Indonesia dengan menjaga protokol kesehatan.

    Oke sahabat edukasi, kali ini saya ingin berbagi tentang pendidikan. Dalam dunia pendidikan orang yang paling berharga adalah guru, yang notabene guru sebagai ujung tombak untuk terus bisa mengajar, mendidik anak bangsa yang menjadikan mereka bisa bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, negara dan agama. Proses pembelajaran ataupun kegiatan belajar-mengajar tidak bisa lepas dari keberadaan guru. Tanpa adanya guru pembelajaran akan sulit dilakukan, apalagi dalam rangka pelaksanaan pendidikan formal, guru menjadi pihak yang sangat vital. Guru memiliki peran yang paling aktif dalam pelaksanaan pendidikan demi mencapai tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Guru melaksanakan pendidikan melalui kegiatan pembelajaran dengan mengajar peserta didik atau siswa.

    Terlebih lagi guru adalah sebagai suri tauladan bagi siswanya, dengan istilah lain, GURU di gugu dan di tiru, guru sebagai contoh bagi siswa dalam proses belajar, teringat dengan pribahasa dalam pelajaran Bahasa Indonesia "Guru kencing berdiri, murid kencing berlari" dengan pribahasa itu kita bisa mengambil makna yang positif, apakah itu? Guru harus lebih dari siswanya, Guru harus mampu dari siswanya dan guru harus tahu segalanya. sehingga siswa akan semakin kencang berlari apabila gurunya Inovatif dan Kreatif.

    Sebaliknya apabila guru mempunya metode atau gaya mengajar yang itu- itu saja (monoton) pastilah akan menghasilkan siswa yang itu-itu saja, sulit menghasilkan siswa yang berprestasi.

    Siswa juga akan kesulitan dalam belajar ataupun menerima materi tanpa keberadaan guru, hanya mengandalkan sumber belajar dan media pembelajaran saja akan sulit dalam penguasaan materi tanpa bimbingan guru. Guru juga memiliki banyak kewajiban dalam pembelajaran dari mulai merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, hingga melakukan evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. 


Terkait pendidikan pada masa pendemi ini, guru dituntut harus mampu menjadi motivator, inovator dalam pembelajaran daring. oleh karena itu guru harus selalu meningkatkan kualitas mengajar dengan metode-metode yang tidak membosankan bagi siswa termasuk meningkatkan kemampuan dibidang teknologi informasi. metode yang paling cocok yang bisa digunakan pada masa pandemi diantaranya:

1. Project Based Learning

Metode project based learning ini diprakarsai oleh hasil implikasi dari Surat Edaran Mendikbud no.4 tahun 2020. Project based learning ini memiliki tujuan utama untuk memberikan pelatihan kepada pelajar untuk lebih bisa berkolaborasi, gotong royong, dan empati dengan sesama.

Menurut Mendikbud, metode project based learning ini sangat efektif diterapkan untuk para pelajar dengan membentuk kelompok belajar kecil dalam mengerjakan projek, eksperimen, dan inovasi. Metode pembelajaran ini sangatlah cocok bagi pelajar yang berada pada zona kuning atau hijau. Dengan menjalankan metode pembelajaran yang satu ini, tentunya juga harus memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

2. Daring Method

Untuk menyiasati ketidak kondusifan di situasi seperti ini, metode daring bisa dijadikan salah satu hal yang cukup efektif untuk mengatasinya. Dilansir dari Kumparan, Kemendikbud mengungkapkan bahwa metode daring bisa mengantasi permasalahan yang terjadi selama pandemi ini berlangsung.

Metode ini rupanya bisa membuat para siswa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah dengan baik. Seperti halnya membuat konten dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah maupun mengerjakan seluruh kegiatan belajar melalui sistem online.

Nah, metode daring ini sangatlah cocok diterapkan bagi pelajar yang berada pada kawasan zona merah. Dengan menggunakan metode full daring seperti ini, sistem pembelajaran yang disampaikan akan tetap berlangsung dan seluruh pelajar tetap berada di rumah masing-masing dalam keadaan aman.

3. Luring Method

Luring yang dimaksud pada model pembelajaran yang dilakukan di luar jaringan. Dalam artian, pembelajaran yang satu ini dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan zonasi dan protokol kesehatan yang berlaku. Metode ini sangat pas buat pelajar yang ada di wilayah zona kuning atau hijau terutama dengan protocol ketat new normal.

Dalam metode yang satu ini, siswa akan diajar secara bergiliran (shift model) agar menghindari kerumunan. Dikutip dari Kumparan, model pembelajaran Luring ini disarankan oleh Mendikbud untuk memenuhi penyederhanaan kurikulum selama masa darurat pendemi ini.

Metode ini dirancang untuk menyiasati penyampaian kurikulum agar tidak berbelit saat disampaikan kepada siswa. Selain itu, pembelajaran yang satu ini juga dinilai cukup baik bagi mereka yang kurang memiliki sarana dan prasarana mendukung untuk sistem daring.

4. Home Visit Method

Seperti halnya metode yang lain, home visit merupakan salah satu opsi pada metode pembelajaran saat pandemi ini. Metode ini mirip seperti kegiatan belajar mengajar yang disampaikan saat home schooling. Jadi, pengajar mengadakan home visit di rumah pelajar dalam waktu tertentu.

Dilansir dari Kumparan, metode ini disarankan oleh Kepala Bidang Kemitraan Fullday Daarul Qur’an, Dr. Mahfud Fauzi, M.Pd yang mana sangat pas untuk pelajar yang kurang memiliki kesempatan untuk mendapatkan seperangkat teknologi yang mewadahi. Dengan demikian, materi yang akan diberikan kepada siswa bisa tersampaikan dengan baik. Karena materi pelajaran dan keberadaan tugas yang diberikan bisa terlaksana dengan baik.

5. Integrated Curriculum

Metode pembelajaran ini disampaikan oleh anggota Komisi X DPR RI Prof. Zainuddin Maliki. Dikutip dari JPNN.com, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya ini menyampaikan bahwa pembelajaran akan lebih efektif bila merujuk pada project base. Yang mana, setiap kelas akan diberikan projek yang relevan dengan mata pelajaran terkait.

Metode pembelajaran yang satu ini tidak hanya melibatkan satu mata pelajaran saja, namun juga mengaitkan metode pembelajaran lainnya. Dengan menerapkan metode ini, selain pelajar yang melakukan kerjasama dalam mengerjakan projek, dosen lain juga diberi kesempatan untuk mengadakan team teaching dengan dosen pada mata kuliah lainnya.

Integrated curriculum bisa diaplikasikan untuk seluruh pelajar yang berada di semua wilayah, karena metode ini akan diterapkan dengan sistem daring. Jadi pelaksanaan integrated curriculum ini dinilai sangat aman bagi pelajar.

6. Blended Learning

Metode blended learning adalah metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus. Dalam artian, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video converence. Jadi, meskipun pelajar dan pengajar melakukan pembelajaran dari jarak jauh, keduanya masih bisa berinteraksi satu sama lain.

Dikutip dari sibatik.kemendikbud.go.id, Yane Henadrita mengungkapkan bahwa metode blended learning adalah salah satu metode yang dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif para pelajar.

Sebenarnya, metode ini sudah mulai dirancang dan diterapkan awal abad ke-21. Namun, seiring dengan merebaknya wabah Covid-19, metode yang satu ini dikaji lebih dalam lagi karena dinilai bisa menjadi salah satu metode pembelajaran yang cocok untuk para pelajar di Indonesia.


Nah, guruinovatif.id / hafecs.id menjawab kebutuhan guru  saat ini, dalam meningkatkan kualitas, kompetensi  dan peran seorang guru. karena sahabat edukasi dapat menjadi Guru Belajar Mengajar di GuruInovatif.id.

Dengan apa saja seorang guru dapat meningkatkan kualitas diri dalam mendidik anak bangsa?

1. Pelatihan Guru

Pelatihan guru adalah pelatihan untuk tenaga pendidik profesional untuk kegiatan mengajar. Pelatihan mencakup teknik merencanakan pengajaran serta cara untuk meningkatkan pembelajaran secara efektif. sahabat edukasi bisa memilih pelatihan guru yang ada di guruinovatif.id / hafecs.id sesuai yang anda butuhkan dan minati.

2. Sertifikasi Guru

Sertifikasi guru merupakan pemberian sertifikat pendidikan kepada guru yang memberikan nilai kompetensi dan kelayakan seorang guru dalam proses belajar mengajar. Pemberian sertifikasi ini dapat membantu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sebuah lembaga pendidikan yakni sekolah. di hafecs.id anda bisa mengikuti program sertifikasi guru yang berkualitas dan mengasah skill.

3. Tempat Belajar Guru


    Sahabat edukasi, hafecs.id / guruinovatif,id adalah tempat belajar guru yang sangat bisa menjadi refensi bagi guru yang ingin meningkatkan mutu kualitas pengajaran dan kompetensi, karena disini anda akan disuguhi program pelatihan guru dan sertifikasi guru serta belajar anda yang sangat sesuai dengan kebutuhan peran anda sebagai seorang guru, selain itu anda bisa memilih sendiri , pada saat pandemi ini anda akan mengikuti pelatihan dan setifikasi secara daring atau online.

hafecs.id / guruinovatif selalu memberikan kemudahan bagi para peserta/anggotanya delam mengikuti semua program atau kursus yang ada di flatform, sebagai bukti nya banyak sekali program yang gratis artinya tidak dipungut biaya, diantaranya Buletin Hafecs, kursus guruinovatif.id dan masih banyak lainnya.


    Sahabat edukasi dimanapun anda berada, tunggu apa lagi segera daftar dan jadilah Guru Belajar Mengajar Guruinovatif.id 

    Itulah tadi informasi yang bisa saya sampaikan, peran guru sangatlah penting bagi kehidupan masa depan anak bangsa, dengan itu kita sebagai seorang guru harus bisa menghantarkan siswa kita dengan peran kita yang berkualitas dan kompeten. sesuai dengan taglinenya Peran GuruInovatif.id dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Pengajaran Guru dan Pendidikan Indonesia.

Salam pendidikan.

Penulis : Ucke R. Gadzali, S.Pd






6 comments:

  1. Informasinya bermabermanfaat sekalii.. Terimalasihh

    ReplyDelete
  2. Mantap pak, Insha ALLAH jadi pemenangnya, Amin yaa rabbal alamin..

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasinya.. guru Indonesia perlu pelatihan secara berkelanjutan agar terus termotivasi untuk mendidik anak bangsa...

    ReplyDelete

Featured Post

Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat

Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Sengketa batas wilayah kasus Blok Ambalat...