Friday, April 7, 2023

PANEN KARYA HASIL BELAJAR - GURU PENGGERAK (Program Yang Berdampak Positif Pada Murid)

Komunitas LINI Negla - Lingkung Seni Negla

Ucke Rakhmat Gadzali, S.Pd.

SMKN 1 Sukalarang - Kab. Sukabumi


Karya Komunitas LINI Negla (Lingkung Seni SMKN 1 Sukalarang)


DEMONTRASI KONTEKSTUAL MODUL 1.1





Aksi Nyata Modul 3.3

Dalam tugas aksi nyata modul 3.3 ini saya membuat sebuah program yang berdampak positif pada murid dengan membentuk sebuah komunitas seni yaitu "LINI Negla" dengan akronim dari  Lingkung Seni SMKN 1 Sukalarang.


LATAR BELAKANG

Komunitas LINI Negla ini adalah sebuah suara murid yang dimana murid memiliki minat dan bakat yang perlu di wadahi.

Tergerak dari melihat suara murid dan potensi murid yang memiliki minta dan bakat, serta dapat melestarikan seni budaya tradisional dan bisa mengkolaborasikan dengan seni yang lainnya, yang menjadi program yang berdampak positif bagi siswa SMK dari kenakalan remaja

TUJUAN

Komunitas LINI (Lingkung Seni), komunitas ini merupakan program yang bertujuan mengembangkan bakat murid di bidang non akademik dalam seni dan budaya sekaligus ajang pelestarian budaya daerah dengan mengedepankan membangun lingkungan sekolah yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana serta melatih keterampilan yang dibutuhkan murid

CAPAIAN

Program Komunitas LINI  ini menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat nya di bidang seni dan budaya serta dapat berkolaborasi seni ekskul seni lainnya, dan dapat memberikan dampak positif bagi siswa SMK, dan dapat  melestarikan seni tradisional

LANGKAH-LANGKAH

  1. Diskusi dengan Siswa
  2. Diskusi dan berdialog dengan Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum dan Rekan Sejawat


  3. Survey dan observasi terkait minat dan bakat siswa
  4. Siswa mengikuti program komunitas LINI
  5. Siswa mengikuti latihan di Komunitas LINI



HASIL YANG DIHARAPKAN

  1. Siswa dapat terwadahi minat dan bakatnya.
  2. Siswa dapat berkolaborasi dengan seni-seni yang lain.
  3. Siswa dapat terminimalisir dari kegiatan kenakalan remaja siswa SMK
  4. Siswa dapat melestarikan seni dan budaya baik tradisional maupun modern
  5. Siswa dapat menjadi aset bagi prestasi  sekolah yang berkolaborasi

SUBJECT

Yang menjadi peserta komunitas LINI ini yaitu siswa SMKN 1 Sukalarang.


STRUKTUR

Penanggung Jawab:

Kepala SMKN 1 Sukalarang

Monitor Kegiatan:

Waka Kesiswaan

Pembimbing: 

Ucke RG


MITRA

Pembina/ pelatih ekskul seni

  • Tari
  • Teater
  • Vocal/ Padus
  • Marching Band

Rekan Sejawat

Alumni

PERNYATAAN TENTANG KAPASITAS YANG DIMILKI KELAS/ SEKOLAH

SDM

Kemampuan yang dimiliki guru dan murid dalam penyelengaran kegiatan.

FISIK

Sekolah yang bertahap telah menyediakan alat dan sarana serta ruang untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni.

LINGKUNGAN

Jawa Barat yang memang banyak ragamnya senantiasa dapat di kreasi dan kolaborasikan untuk memupuk kreatifitas murid dalam bidang seni musik, tari, rupa, teater dan lainnya

AGAMA & BUDAYA

Ada beberapa padepokan seni tradisional yang masih melestarikan kesenian tradisi.

SOSIAL

Kolaborasi dengan Ekstrakulikuler, Alumni, Padepokan seni

FINANSIAL

Kas & Iuran peserta komunitas

Tantangan

  1. Rentannya sensitifitas warga sekolah untuk ikut mengembangkan Komunitas LINI ini.
  2. Menjaga konsistensi peserta didik untuk mengikuti Komunitas LINI ini.
  3. Waktu yang berbenturan dengan kegiatan KBM, Ektrakulikuler lain.

Rencana Evaluasi

Evaluasi akan dilakukan di akhir kegiatan dengan sharing diskusi dengan Kepala sekolah, waka kesiswaan, guru, murid dan ekstrakulikuler, serta evaluasi setelah akhir pembuatan karya dan penampilan.

Evaluasi meliputi :

Pelaksanaan kegiatan

Pemahaman kegiatan

Kebermanfaatan kegiatan

DOKUMENTASI KEGIATAN

Latihan









Pembuatan Karya









Hasil Karya Lainnya






























No comments:

Post a Comment

Featured Post

Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat

Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Sengketa batas wilayah kasus Blok Ambalat...