Monday, September 12, 2022

Nilai dan Peran Guru Penggerak (Mulai dari Diri)


Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
a. Peristiwa positif : 
1. Sejak SD sudah mengenal dan belajar tentang music, sampai usia SMA membentuk Band dan mengikuti Festival serta menjadi home band beberapa acara, dengan adanya bakat itu, disetiap organisasi menjadi bagian bidang pengembangan minat dan bakat
2. Kelas 5 SD saya tidak sadar bahwa menurut guru saya tulisan saya sangat rapi dibanding teman-teman yang lain, dengan itu saya selalu ditugaskan untuk menyalin notulen atau RPP guru saya itu.

b. Peristiwa Negatif :
1. Kelas 6 SD saya dikenalkan Rokok oleh teman saya, suatu malam setelah berbuka puasa sebelum tarawih. Dan orang tua mengetahui hingga marah besar.

Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
Ibu yang saya sayangi, Guru saya Ibu Nina dan teman-teman saya.

Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)
a. Peristiwa Positif : Bersyukur dan Bahagia
b. Peristiwa Negatif :Khawatir, Cemas dan Takut

Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
Karena setiap hal yang saya lakukan memiliki kesan tersendiri untuk saya dan selalu menjadi motivasi.

Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
Berupaya untuk menjadi pribadi yang baik, berpikir positif dan berupaya untuk bisa bermanfaat untuk semua orang, berusaha membantu dengan ikhlas dan menjadi teladan untuk siswa.

Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pembelajaran bermakna kepada murid yang sesuai kodratnya.




Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Saya berupaya untuk menumbuhkan nilai rasa empati dan simpati, jiwa yang suka berbagi ilmu, diri yang selalu ingin belajar, punya motivasi dan keberanian, memiliki jiwa kepemimpinan

Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Peran saya yaitu sebagai pendidik/ orang tua disekolah, menjadi sahabat pada rekan kerja, dan menjadi Fasilitator untuk meningkatkan minat dan bakatnya sesuai passionnya.


 

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat

Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Sengketa batas wilayah kasus Blok Ambalat...