Thursday, November 5, 2020

Mengklasifikasikan Peralatan Audio Visual

A. Peralatan Untuk Membuat Video atau Vlog

Untuk mulai membuat video, apapun itu videonya, apakah itu untuk keperluan vlog ( video blog), untuk video presentasi, video tutorial, video promosi atau yang lain Anda membutuhkan peralatan untuk membuat video Anda. Dan setidaknya ada 5 peralatan yang sebaiknya Anda siapkan, agar hasil dari video bagus dan terlihat profesional

Apa saja itu 5 peralatan tersebut?

Di sini saya akan ulas satu persatu untuk Anda.

1. Alat perekam audio visual

Kamera adalah alat perekam audio visual utama harus Anda punya, jika Anda ingin merekam aktivitas nyata dari objek yang ingin Anda rekam.

Terkait kamera, ada  banyak jenis kamera.

Ada smartphone kamera, Kamera Digital (compact), Action Camera, Mirrorless, DLSR dan masih ada lagi beberapa untuk kebutuhan industri perfilman.

Anda silakan pilih dan siapkan kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda. karena setiap kamera punya spesifikasi dan harga yang beda. Kamera digital memiliki optik, zoom dan sensor yang jauh lebih baik dibanding smartphone. Tapi kelemahan kamera digital umumnya tidak punya port audio. Jadi suara hanya bisa direkam menggunakan mic on-board.

2. Alat perekam suara

Meski umumnya kamera, desktop dan smartphpne memiliki mikrofon internal, namun untuk hasil yang lebih maksimal, Anda perlu menggunakan alat perekam suara external atau mikrofon external.

suara adalah elemen yang sangat penting. Taruhkan misalnya gambar Anda bagus, namun jika audionya buruk audiens tidak akan suka, tidak akan memperhatikan video Anda. Karenanya pastikan bahwa Anda menggunakan alar perekam suara yang baik agar suara hasil recording yang dihasilkan juga baik.

Nah terkait dengan mikrofon external ini, ada beberapa yang bisa Anda pakai.

Mic shotgun.

Mikrofon jenis Shotgun memiliki kekhususan karena menerima sinyal suara hanya dari satu arah saja.

Mic Lavaliere.

Mikrofon jenis ini umumnya dipasang dan dijepitkan dibaju dekat dengan mulut, ada yang pakai kabel atau yang wireless.

Mic condenser.

Mikrofon condenser umumnya memiliki sensitifitas tinggi dan noise yang lebih sedikit. Yang seringnya pakai mikrofon ini adalah mereka para vlogger games dan cover lagu.

3. Alat peyangga

Alat penyangga sangat dibutuhkan untuk membantu kita sebagai videografer untuk mengambil gambar agar video yang dihasilkan tidak goyang. Selain untuk kamera alat penyangga kadang juga diperlukan untuk penyangga mikrofon dan juga lampu atau lighting saat proses recording video dilakukan.

Terkait dengan alat penyangga ini, ada beberapa jenis alat bisa Anda gunakan.

tripod.

Alat penyangga ini memiliki tiga kaki, ada yang berukuran besar dan ada yang kecil (mini tripod).

Cocok digunakan sebagai penyangga kamera, mikrofon atau lighting saat proses recording video dengan posisi kamera atau lighting atau mikrofon yang sudah ditentukan. Tujuan utamanya adalah agar gambar, 

monopod.

Seperti namanya penyangga ini hanya memiliki satu kaki, biasanya digunakan untuk penyangga kamera saat kita melakukan recording dengan berbagai angle. Dengan bantuan monopod, kita akan lebih bebas berkreasi mengambil gambar dengan shoot-shoot bergerak yang tetap stabil.

gorilapod.

Gorillapod sebenarnya sejenis mini tripod. Namun lebih fleksibel, dapat digunakan pada bidang atau permukaan yang tidak rata. Bahkan bisa digantung atau dililitkan pada sebuah benda.


4. Lighting


Lighting atau lampu juga merupakan alat dasar yang vital untuk proses membuat video, terlebih untuk Anda yang membuat video di dalam studio atau ruangan. Standarnya untuk lighting studio ada tiga lighting yang digunakan.

  • key light, merupakan sumber cahaya utama, yang mengarah langsung kepada objek, harus paling terang diantara kedua lampu lainnya.
  • fill light, merupakan sumber cahaya kedua yang berfungsi untuk menghilangkan bayangan atau untuk mengisi cahaya pada bagian objek yang gelap.
  • backlight, merupakan sumber cahaya di belakang objek tujuannya adalah agar objek memiliki dimensi atau tidak tenggelam dengan objeknya.


5. Software editing

Software editing ini sangat diperlukan untuk hasil video yang lebih baik. Fungsinya adalah memotong bagian video yang diperlukan, menggabungkan video, menambahkan foto atau tulisan, colouring dan masih banyak lagi yang lain. 


Terkait dengan software editing video ini. Ada banyak jenis software bisa Anda pakai. Untuk PC atau leptop Anda bisa gunakan Sony Vegas Pro, Adobe Premiere, Filmora, Camtasia atau yang lainnya.

Nah itu lima peralatan standar yang harus Anda miliki untuk membuat video.

  • Pertama, adalah perekam gambar atau visual
  • Kedua, alat perekam suara
  • Ketiga, alat penyangga
  • Keempat, lighting
  • Kelima, software editing.


Selamat mencoba!!!


1 comment:

  1. Nama: Adam salman
    Kelas: X BC
    komentar: Alhamdulillah materi hari ini cukup jelas dan mudah untuk dipahami

    ReplyDelete

Featured Post

Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat

Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Sengketa batas wilayah kasus Blok Ambalat...